Rekreasi Edukasi Tukad Bindu

(0)


Yuk, bermain ke sungai rekreasi Tukad Bindu, Kesiman, Denpasar. Sungai ini salah satu tukad yang membelah melintasi perkotaan dan menjadi sumber pengairan bagi sejumlah subak persawahan sekitarnya.

Tukad Bindu resmi dibuka menjadi kawasan rekreasi mulai tahun 2017. Hanya saja, perjuangan masyarakatnya menjadikannya sebagai alur sungai yang bersih serta asri dilakukan mulai tahun 2010, melalui Program Kali Bersih (Prokasih). Para warga berinisiasi membangun disiplin untuk mencerahkan sungai serta sempadannya. Hasilnya, tak ada lagi sampah dan menjadi aliran sungai yang mampu menghasilkan tenaga listrik tenaga air. Mereka pun membentuk Yayasan Tukad Bindu pada 22 Maret 2017, yang berperan mengelola tukad ini.

Gratis untuk Anda dan siapa pun yang mengunjungi rekreasi Tukad Bindu ini. Spot paling oke untuk lebih santai berkunjung itu memasuki sore hari. Anak-anak berenang serta bermain air dengan bebas. Tak perlu khawatir karena beberapa relawan warga setempat tetap menjaga siapa pun Anda agar tetap aman serta selamat selama bermain air di alirannya.

Sejumlah warung kuliner berada di areanya. Bambu menghiasi sebagian besar bangunan gazebo maupun area makan.

Panjang aliran sungai ini sekitar 1,5 kilometer. Anda pun bisa memanfaatkan pinggir sungai menjadi aera olahraga lari atau hanya sekadar jalan santai. Ada pula beberapa alat fitness serta jogging track.

Obyek ini pernah menjadi salah satu destinasi kunjungan kelompok delegasi pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank) di Bali 2018 lalu.

Nah, satu lagi ada yang unik di akhir pekan, yaitu Peken Nusantara. Peken ini merupakan kegiatan pasar digital dimulai pukul 08.00 Wita. Peken Nusantara mengangkat berbagai tema berbeda, mulai dari kuliner lawas ala Pulau Dewata, hingga sensasi menggunakan uang kepeng - uang tradisional Bali – saat bertransaksi di lokasi. Anak-anak bisa mengikuti lomba-lomba menarik, serta terlibat aneka permainan tradisional.

So, jangan lewatkan berkunjung dan berekreasi sungai di Tukad Bindu!

Reviews

Leave a review
0 Comment

Sign In

;