Melali ke Taman Inspirasi Mertasari

Denpasar Denpasar (0)


  • Denpasar
  • 08.00 - 17.00
  • Denpasar
  • 432 Visitors / Day
  • 10 Minutes to Airport

Sanur tak hanya terkenal dengan Pantai Sanur atau Pantai Matahari Terbit. Pengunjung yang punya rasa penasaran dan selera bertualang tinggi akan datang Taman Inspirasi Mertasari yang terletak di Denpasar Selatan.

Obyek wisata populer ini terletak di Desa Pekraman Intaran, Sanur. Taman ini menyuguhkan pemandangan alam pantai spektakuler.

Pengunjung bisa memilih datang kapan saja, pagi hari untuk menyaksikan matahari terbit (sunrise) atau menjelang sore melihat matahari terbenam (sunset). Kok bisa? Karena lokasinya masuk dalam kawasan Pantai Mertasari yang ciri khasnya adalah menyajikan dua pemandangan mentari yang memikat hati.

Jika Pantai Sanur menghadap ke barat, maka Pantai Mertasari menghadap ke utara. Pemandangan matahari terbit akan terlihat dari area sebelah pesisir pantai. Mataharinya muncul tepat di tengah laut.

Pasirnya putih dihiasi dengan jejeran batu karang. Permukaan air lautnya tenang dan landai, cocok untuk berenang. Angin berembus sepoi-sepoi memanjakan tubuh. Lingkungan sekitarnya bersih dari sampah.

Pengunjung masuk dari Jalan Danau Poso menuju tempat parkir kendaraan dengan biaya retribusi dua ribu rupiah untuk mobil dan seribu rupiah untuk motor. Tiket masuk pengunjung dibanderol Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak yang bisa ditukarkan dengan welcome drink dan snack di Restoran Dream Land, restoran utama dan satu-satunya di dalam kawasan.

Pengunjung akan menapaki sebuah jembatan kayu yang dihadapannya terbentang papan penanda bertuliskan 'Taman Inspirasi Mertasari.'

Deretan pohon pinus memayungi kiri dan kanan jalan yang dipaving block menuju area utama. Banyak hammock dipasang di kiri kanannya untuk bersantai dan bermalas-malasan.

Berikutnya pengunjung akan menjumpai area playground khusus anak. Bayi-bayi pun dimanjakan di arena bermain ini. Mereka bisa bebas bergerak, berlarian ke sana kemari sembari menikmati udara pagi atau sore hari. Ada juga lapangan khusus bermain voli pantai di sisi kiri menjelang area restoran utama.

Menu-menu yang disajikan di Restoran Dream Land sangat ramah di kantong. Rasanya pun lezat, tak kalah dengan restoran-restoran besar lainnya. Seporsi soto ayam plus nasi dihargai Rp 35 ribu. Nasi goreng udang istimewa Rp 35 ribu per porsi, sementara nasi goreng ayam Rp 30 ribu per porsi.

Tempat makan ini juga menyajikan menu paket buffee yang super hemat dan cocok untuk dinikmati ramai-ramai. Paket Rp 250 ribu sudah mendapatkan 12 item, mulai dari soto ayam, nasi putih, mi goreng, ikan goreng, telur balado, capcay, udang bakar, cumi bakar, kerupuk, kopi atau es teh, kue pukis, dan air mineral. Sambil makan, pengunjung bisa menonton musisi-musisi lokal mengalunkan beberapa tembang kesukaan.

"Nasi goreng ayamnya enak," ujar Dean, seorang turis asal Malbourne, Australia.

Dean dan kekasihnya menuju taman ini setelah berwisata sejarah ke sejumlah museum di Denpasar. Mereka mendapat rekomendasi Pantai Mertasari dari TripAdvisor, situs rekomendasi perjalanan wisata terbesar di dunia.

Selesai bersantap ria, pengunjung bisa memulai petualangan berikutnya, yaitu berkeliling kawasan dengan unta. Bagi pengunjung yang malas gerak alias mager, bersantai di kursi styrofoam empuk warna-warni yang menghadap langsung ke pantai menjadi opsi menarik. Ada juga sebuah ayunan ikonik bertuliskan 'Dream Land' di tengah pantai, persis seperti di Lombok. Ini merupakan spot foto favorit pengunjung.

Wahana lain yang disediakan untuk pengunjung, antara lain bermain sepeda air, kano, dan stand up paddle. Tarifnya berkisar Rp 50-75 ribu per orang, namun pengunjung bisa menikmati sepuasnya tanpa batasan waktu.

Ingin pengalaman wisata lebih ekstrem? Pengunjung bisa memberi makan hiu di tengah laut. Tentunya pengunjung menggunakan perahu khusus dengan biaya Rp 50 ribu per orang.

Sensasi spa dan massage juga ditawarkan di Taman Inspirasi Mertasari. Deretan cottage dua lantai menyerupai rumah panggung ini langsung menghadap ke pantai. Apakah Anda tertarik? Yuk, melali - melancong dalam bahasa bali - ke Mertasari.


Reviews

Leave a review
0 Comment

Sign In

;